Cara meringankan kulit kepala gatal dan mengelupas

Kulit kepala gatal adalah kondisi umum yang dialami sebagian besar orang dewasa, dan sangat sulit mengatasinya. Bila kulit kepala terasa gatal, kering, dan sangat mudah terkelupas, hal itu tidak hanya menyebabkan rasa tidak nyaman tetapi juga memengaruhi kepercayaan diri. Namun, gatal pada kulit kepala dapat dikurangi. Cukup baca panduan bermanfaat ini dan dapatkan kulit kepala yang bersih dan cemerlang, serta bebas serpihan...

Penyebab Gatal pada Kulit Kepala
Langkah awal untuk meringankan kulit kepala yang gatal adalah dengan mengenali penyebabnya, umumnya adalah ketombe. Ketombe disebabkan oleh pertumbuhan Malassezia yang berlebihan, jamur seperti ragi yang berkembang biak di kulit kepala. Kulit kepala menjadi meradang ketika malassezia menembus penghalang alami kulit kepala, yang menimbulkan rasa gatal dan kulit terkelupas karena ketombe. Kulit kepala yang gatal dan kering dapat memburuk jika rambut tidak sering dicuci, menyebabkan tumpukan minyak dan sel kulit mati.

Penyebab kulit kepala gatal lainnya meliputi dermatitis seboroik dan psoriasis. Dermatitis seboroik menyerang area kulit kepala berminyak yang mengakibatkan kulit mengering dan menimbulkan rasa gatal, pecah-pecah, memerah, menebal, dan serpihan ketombe. Psoriasis memiliki gejala yang hampir sama dengan dermatitis seboroik, tetapi menjangkiti area kulit kepala yang lebih luas melewati batas rambut dan pada kasus yang parah dapat menimbulkan sisik yang berlapis atau penebalan.

Meringankan Kulit Kepala yang Gatal dengan Shampo Anti Ketombe
Jika penyebab gatal pada kulit kepala adalah ketombe, solusi termudah adalah penggunaan shampo anti ketombe yang bagus secara teratur. CLEAR Men Complete Soft Care Shampoo dibuat secara khusus dengan formula bebas gatal yang bekerja untuk menghidrasi kulit kepala, mengurangi dari kekeringan, memberikan pereda aksi cepat dari rasa gatal, dan iritasi karena ketombe.

Bahan Alami untuk Kulit Kepala Gatal
Jika ingin mencoba pendekatan yang lebih alami untuk meringankan kulit kepala yang gatal karena ketombe, ada banyak bahan alami yang dapat dicoba. Gejala gatal ringan pada kulit kepala karena ketombe dapat diredakan dengan bahan alami seperti sari lemon, minyak kelapa, atau cuka sari apel. Bahan alami ini bahkan dapat digunakan bersama dengan shampo biasa untuk mendapatkan kulit kepala yang benar-benar bersih. 
Untuk mengurangi rasa gatal, campurkan sari lemon dengan sedikit air hangat dan oleskan ke kulit kepala. Tunggu selama 5-10 menit sebelum membilas rambut dengan air bersih. Antiseptik yang terkandung dalam sari lemon akan membantu mengurangi rasa gatal dan sari lemon memiliki manfaat tambahan yaitu membuat rambut harum dan segar. 

Minyak kelapa bekerja luar biasa untuk meringankan kulit kepala gatal dan harum juga. Kamu hanya perlu memijatkan sedikit minyak kelapa ke kulit kepala dan membiarkan selama 5-10 menit sebelum membilasnya. Kandungan anti jamur dalam minyak kelapa akan membantu membersihkan kulit kepala dari malassezia berlebihan yang menyebabkan pengelupasan. 

Cuka sari apel bekerja untuk kulit kepala dan rambut gatal sama halnya dengan sari lemon, juga membersihkan minyak dan bakteri berlebihan yang menimbulkan rasa gatal. Cukup campurkan setengah cangkir cuka sari apel dengan setengah cangkir air hangat dan oleskan ke kulit kepala secara perlahan. Biarkan selama 5-10 menit dan bilas dengan air bersih.

Kulit kepala gatal dan mengelupas tidak sedap dipandang dan tidak nyaman, tetapi berkat tips bermanfaat ini, rasa gatal menjadi lebih mudah diatasi daripada sebelumnya. Namun, jika kulit kepala tetap gatal dan mengelupas, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit atau dermatologi. 

TOP