Apa penyebab kulit kepala berminyak dan perawatan kulit kepala apa yang dapat Anda gunakan?

Banyak orang menggunakan shampo anti ketombe yang bertujuan untuk meringankan masalah yang disebabkan oleh kulit kepala kering, namun memiliki kulit kepala yang terlalu berminyak juga dapat menyebabkan masalah. Kulit kepala berminyak adalah akibat dari sebum yang berlebihan, yaitu minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar minyak di kulit.

Apa penyebab kulit kepala berminyak?
Biasanya, minyak sebum yang ada di kulit kepala memberikan lapisan perlindungan yang penting untuk menjaga kulit dari kehilangan kelembapan dan cepat mengering. Namun, terlalu banyak sebum dapat membuat kulit kepala dan rambut menjadi berminyak dan menyebabkan terjadinya ketombe. Perlu juga diketahui bahwa malassezia, jamur yang biasa dikaitkan dengan munculnya ketombe, tumbuh di area kulit kepala yang berminyak dan dapat memperburuk gejala ketombe.

Perawatan untuk Pria dengan Kulit Kepala Berminyak  
Kulit kepala yang berminyak cenderung dialami oleh pria daripada wanita; hal ini dikarenakan kulit kepala pria menghasilkan sebum hingga 50% lebih banyak daripada kulit kepala wanita. Karena itu, pria lebih rentan terhadap reaksi simpang kulit kepala yang sangat berminyak, seperti rambut berketombe, gatal, dan berminyak. Penting bagi pria untuk memakai shampo anti ketombe secara teratur untuk menghilangkan ketombe dan menjaga perlindungan alami kulit kepala.

Shampo anti ketombe terbaik untuk pria dengan kulit kepala berminyak dari CLEAR adalah CLEAR Men Ice Cool Menthol . Shampo ini diformulasi secara khusus untuk kulit kepala pria dan dipadu dengan cooling menthol yang secara efektif membersihkan kulit kepala dari kelebihan sebum dan ketombe, yang memberikan rasa sejuk dan segar.

Mencegah Kulit Kepala Berminyak
Baik untuk pria maupun wanita, cara terbaik mencegah kulit kepala Anda berminyak adalah melalui pemakaian shampo anti ketombe secara teratur. Saat mencuci rambut, orang dengan kulit kepala yang berminyak harus meratakan busa shampo pada rambut dan hindari menggosokkan terlalu banyak produk ke kulit kepala.
Terlalu banyak produk pada kulit kepala dapat menghilangkan terlalu banyak minyak alami kulit kepala dan menyebabkan rambut menjadi terlalu kering. Pastikan untuk membilas rambut secara merata untuk menghilangkan kotoran yang mungkin menyebabkan kulit kepala lebih berminyak. Saat menata rambut, hindari menggunakan terlalu banyak produk gel atau pengilat, karena akan memberatkan rambut dan membuatnya terlihat lebih berminyak.

Kulit kepala berminyak adalah masalah yang umum terjadi, tetapi mudah diatasi bila kamu mengikuti saran kami dan merawat rambut dan kulit kepala dengan benar. Namun, jika kulit kepala tetap tampak sangat berminyak, konsultasikan ke dokter spesialis kulit atau dermatolog.

TOP