Penyebab kulit kepala gatal, dan cara mengatasinya

Kulit kepala gatal itu umum terjadi, sering kali karena efek dari kulit pecah atau iritasi di bawah rambut atau ruam pada kulit kepala. Dari ketombe hingga psoriasis, ada banyak penyebab kulit kepala gatal dan sangat penting untuk mengetahuinya terlebih dahulu agar dapat menentukan perawatan yang tepat. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa penyebab kulit kepala gatal dan cara menghentikannya.

Ketombe
Salah satu penyebab kulit kepala gatal yang paling umum dan sederhana pada orang dewasa adalah ketombe. Pertumbuhan jamur malassezia yang tidak terkendali dapat menyebabkan kulit kepala meradang sehingga menimbulkan rasa gatal dan gejala ketombe. Kulit kepala yang gatal karena ketombe dapat diperparah oleh pemakaian shampo yang tidak teratur, yang mengakibatkan meningkatnya lapisan minyak dan sel kulit mati.

Rasa gatal karena ketombe dapat diatasi dengan shampo anti-ketombe yang dijual bebas. Penggunaan CLEAR Men Complete Soft Care Shampoo menghilangkan rasa gatal, dan iritasi yang mengurangi ketombe sekaligus menutrisi rambut dan merawat kulit kepala.

Dermatitis Seboroik  
Kondisi umum lainnya yang dapat mengakibatkan kulit kepala Anda gatal adalah dermatitis seboroik. Penyakit ini menjangkiti area tubuh yang berminyak seperti kulit kepala dan wajah, menyebabkan kulit mengering dan menimbulkan rasa gatal, pecah-pecah, memerah, menebal, dan serpihan ketombe. Di sebagian besar kasus, dermatitis seboroik merupakan kondisi jangka panjang dan memerlukan perawatan yang terus-menerus hingga gejalanya hilang.

Psoriasis
Psoriasis merupakan penyakit kulit yang memiliki beberapa gejala yang sama dengan dermatitis seboroik, seperti kulit kepala gatal, rasa pedih, dan ketombe. Dikarenakan kemiripannya, orang sering menganggap bahwa penyakit ini sama saja. Namun, psoriasis menjangkiti area kulit kepala yang lebih luas melewati batas rambut dan pada kasus yang parah dapat menimbulkan sisik yang berlapis atau penebalan. 

Kasus psoriasis kulit kepala ringan dapat diobati secara efektif dengan pemakaian salep dari arang batubara (coal-tar) yang memperlambat pertumbuhan sel kulit pada kulit kepala dan meredakan gejalanya.  Dalam kasus Dermatitis Seboroik dan Psoriasis, kamu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mengetahui kondisi kamu dan mendapatkan saran pengobatan yang sesuai. Sementara itu, kamu dapat menggunakan CLEAR Men Deep Cleanse dengan Karbon Aktif dan Mint. Kandungan aktifnya dapat membantu membersihkan dan mendinginkan permukaan kulit kepala.

Kulit kepala yang gatal dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan menghilangkan kepercayaan diri. Untungnya, CLEAR Shampoo memiliki rangkaian produk yang dapat meringankan kegatalan pada kulit kepala akibat ketombe dan memberikan rasa dingin dan segar. Namun, untuk kasus gatal yang kronis atau parah, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba melakukan perawatan sendiri. 

TOP