Cara mengatasi kulit kepala kering

Apa yang dimaksud dengan Kulit Kepala Kering?   

Kulit kepala kering” digambarkan sebagai rasa kering dan kaku pada kulit kepala. Umumnya terkait dengan pengelupasan kulit dan menimbulkan rasa gatal. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang kulit kepala kering dan cara mengatasinya.

Kulit Kepala Kering vs. Ketombe   

Sama seperti ketombe, kulit kepala yang kering dialami oleh banyak orang dan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Saat kehilangan terlalu banyak kelembapan alaminya, kulit kepala akan menjadi kering dan kaku. Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor seperti cuaca dingin, endapan produk rambut, atau bahkan dehidrasi.

Ketombe di sisi lain, memiliki banyak penyebab dan biasanya oleh Malassezia - jamur seperti ragi yang tumbuh di area kulit kepala yang berminyak. Bila perlindungan alami kulit kepala lemah dan tidak sehat, iritan yang dihasilkan oleh Malassezia dapat menyerap minyak berlebih, menyebabkan sel kulit rontok lebih cepat dari biasanya. Serpihan ketombe berbentuk lebih besar daripada serpihan kulit kering dan tidak mudah rontok dari kulit kepala.

Kulit kepala yang kering tidak selalu menyebabkan ketombe. CLEAR telah membuktikan bahwa kelembapan sangat penting untuk kesehatan kulit kepala. Rendahnya kelembapan pada kulit kepala akan mengakibatkan fungsi penghalang kulit kepala terganggu, sehingga akan lebih mudah terjangkit ketombe. Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering   

1. Jaga Agar Tetap Terhidrasi   

Salah satu perawatan kulit kepala kering yang terbaik dan juga yang paling sederhana adalah dengan menjaganya agar tetap terhidrasi dengan baik dan pastikan untuk minum air dalam jumlah yang cukup. Kulit kepala tetap terhidrasi adalah kunci menjaga kulit sehat, terutama selama cuaca sangat panas atau dingin. Kondisi cuaca yang ekstrem dapat membuat kulit kepala mengalami dehidrasi dan menyebabkan kulit kering, namun dengan tetap minum air secara teratur dapat membantu tubuh mengembalikan kelembapan yang hilang.

2. Hindari Penataan Rambut Berlebihan

Salah satu penyebab kulit kepala kering sering dipicu oleh endapan produk rambut di kulit kepala; juga akibat dari penggunaan pengering, pengeriting, dan pelurus rambut secara berlebihan yang dapat menyebabkan kerusakan rambut oleh panas dan membuat kulit kepala Anda menjadi kering. Agar kulit kepala sehat dan tetap terhidrasi, sebaiknya minimalkan penataan rambut dan hindari penggunaan alat penata rambut lebih dari sekali atau dua kali dalam seminggu.

3. Ganti Shampo Kamu   

Meskipun benar bahwa penggunaan produk rambut secara berlebihan juga menjadi salah satu penyebab kulit kepala kering, namun penggunaan shampo anti ketombe yang cocok untuk jenis rambutmu adalah kunci untuk kulit kepala sehat. Beralih ke shampo yang membersihkan rambut tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit kepala akan membantu terhindar dari gejala kulit kepala yang kering seiring berjalannya waktu. Coba gunakan shampo yang diformulasi secara khusus seperti CLEAR Men Complete Soft Care , yang kaya akan Vitamin E dan B5 untuk menutrisi dan memulihkan kelembapan alami kulit kepala.

Kulit kepala gatal dan kering bisa membuat kita menderita, namun cara mengatasi kulit kepala kering dan gejalanya merupakan hal yang mudah, yaitu dengan menjaga rambut tetap terhidrasi, melakukan perawatan rambut dengan tepat, dan menggunakan shampo yang membuat kulit kepala bersih, sehat, dan ternutrisi. 

TOP