Apa Penyebab Ketombe?

Ketombe adalah kondisi kulit kepala yang dialami oleh hingga setengah dari populasi dunia. Gejalanya, antara lain serpihan kering berwarna putih yang muncul di kulit kepala dan rambut, cukup mudah dikenali. Tetapi penyebab pasti ketombe masih misteri hingga sekarang. Namun begitu, ada beberapa kemungkinan yang turut menjadi penyebab awal mula terjadinya ketombe. Di artikel ini, kita akan membahas kemungkinan penyebab tersebut dan cara terbaik mengatasi ketombe.

Kulit Kepala Kering  
Kulit kepala kering sering dianggap sebagai penyebab ketombe paling umum. Serpihan ketombe yang terjadi akibat kulit kepala kering biasanya lebih kecil dan kurang berminyak daripada serpihan yang diakibatkan oleh penyebab ketombe lainnya, dan dapat dengan mudah diatasi oleh shampo anti ketombe yang bagus.

Untuk mengatasi kulit kepala kering, keramas secara rutin dengan CLEAR Men Ice Cool Menthol yang meremajakan dan menghidrasi kulit kepala kering. Untuk hasil terbaik, pastikan untuk memijat rambut dan kulit kepala secara perlahan sebelum membilasnya.

Dermatitis Seboroik  
Penyebab ketombe umum lainnya adalah dermatitis seboroik, suatu kondisi kulit yang sebagian besar mempengaruhi kulit kepala, namun juga dapat muncul di sekitar area berminyak pada tubuh seperti wajah, dada, dan punggung. Permasalahan kulit ini menyebabkan area yang terkena menjadi berminyak, kemerahan, dan tertutupi serpihan berwarna kuning atau putih dari kulit kering, yang menimbulkan rasa gatal.

Dermatitis seboroik merupakan kondisi jangka panjang dan gejalanya memerlukan perawatan yang terus-menerus hingga benar-benar hilang. Konsultasikan dengan dokter spesialis kulit atau dermatolog dan pahami kondisi Kamu guna mendapatkan perawatan yang terbaik.

Jamur Kulit Kepala  
Malassezia adalah jamur kulit kepala serupa ragi yang tumbuh di area tubuh yang sangat berminyak dan diketahui sebagai penyebab ketombe yang utama. Malassezia sebenarnya ada, baik pada kulit kepala sehat maupun kulit kepala berketombe, tetapi kulit kepala yang terkena gejala ketombe cenderung memiliki jamur ini dalam jumlah lebih tinggi. Bila pelindung alami kulit kepala menjadi lemah, iritan yang dihasilkan oleh malassezia dapat menembus penghalang kulit kepala dan memperburuk gejala ketombe.

Malassezia tidak dapat dihilangkan sepenuhnya, tetapi memulihkan pelindung alami kulit kepala adalah langkah awal untuk melawan dampak yang diakibatkannya. Keramas dengan CLEAR Shampo Anti Ketombe akan meningkatkan pertahanan alami kulit kepala, melindunginya dari iritasi lebih lanjut, dan menghilangkan ketombe. Untuk hasil terbaik, gunakan CLEAR Shampoo secara rutin untuk mencegah ketombe muncul kembali.

Mengetahui apa penyebab ketombe dan cara mengatasi ketombe dengan segera adalah kunci untuk membuat rambut bersih dan cemerlang. Seperti biasa, keramasi rambut secara rutin dengan CLEAR Shampo Anti Ketombe memberikan pertahanan yang sempurna terhadap munculnya gejala ketombe. 

TOP