4 Hal Seputar Rambut Rontok yang Perlu Kamu Tahu

Semua orang pasti pernah mengalami kondisi saat rambut rontok lebih dari biasa. Menurut jurnal American Family Physician, penyebab rontoknya rambut bisa bermacam-macam. Mulai dari kondisi kesehatan, lingkungan, sampai keadaan psikologis seseorang. Tapi sebelum membicarakan tentang kerontokan rambut, kamu harus tahu dulu mengenai pertumbuhan rambut normal.

1. Setiap hari , rambut akan tumbuh sepanjang 1,27 sentimeter. Rambut juga akan rontok secara normal sekitar 100 lembar per hari. Jadi kamu tak perlu khawatir jika jumlah rambut rontok masih dalam kategori sedikit.

Dalam keadaan normal, biasanya kamu tidak akan menyadari bila rambut rontok dari akarnya. Sebab ini adalah bagian dari fase alami pertumbuhan rambut. Apalagi 85-90 persen dari rambut kamu adalah rambut yang tengah mengalami fase pertumbuhan. Sisanya, rambut yang ada dalam tahap istirahat dan berujung pada rontoknya rambut mati secara alami.

2. Rambut rontok dikatakan tak alami ketika rambut yang rontok jauh melampaui angka 100 lembar per hari. Misalnya ketika kamu menyisir, segumpal rambut tersangkut pada sisir. Tanda lainnya adalah jika makin lama semakin banyak kulit kepala yang terlihat.

3. Seperti yang disebutkan di atas, penyebab kerontokan rambut bisa bermacam-macam. Untuk mengetahuinya secara pasti, kamu harus memperhatikan kondisi fisik dan psikologis selama tiga hingga enam bulan terakhir. Apakah fisik dan psikologis kamu tengah dalam keadaan sehat?

Faktor usia juga bisa menjadi pemicu kerontokan rambut. Sebab hampir 50 persen perempuan yang telah menginjak umur 50 tahun akan mulai kehilangan rambut dalam jumlah yang tidak normal. Penyebab lain rambut rontok adalah ketombe. Keberadaan ketombe di kulit kepala ini bisa merusak akar rambutmu, sehingga ia mudah patah atau rontok dari akarnya. Rambutmua yang semula tebal dan indah pun bisa menjadi rusak karena ketombe.

Lalau bagaimana jika kamu adalah wanita muda, memiliki tubuh sehat, namun mengalami kerontokan rambut? Kalau begitu, kamu harus menganalisa sendiri penyebab rambut rontok itu. Mungkin kamu stres, atau mungkin saja masalahnya hanya sesederhana pemilihan jenis shampo untuk rambut rontok yang tidak cocok dengan kulit kepala.

4. Ganti shampo Anda dengan shampo yang bagus untuk rambut rontok. Salah satunya alternatif shampo yang bagus untuk rambut rontok dan ketombe adalah CLEAR Anti Hairfall. Diformulasikan khusus dengan kandungan Nutrium Ginseng, CLEAR Anti Hairfall merupakan shampo untuk rambut rontok yang mampu menutrisi kulit kepala secara mendalam dan memberikan perlindungan untuk rambut dalam menghadapi ketombe. Dengan pemakaiansecara teratur,rambut akan lebih kuat dari akarnya dan kerontokan dapat berkurang hingga 98 persen.

Sambil menggunakan shampo untuk rambut rontok yang tepat, jangan lupa untuk selalu mejaga kondisi kesehatan. Dan ingat, tetap bahagia menjalani hari!

TOP