Sambut Ramadan dengan Model Rambut Pendek

Ramadan sebentar lagi tiba! Saatnya bersua dengan kawan lama atau keluarga besar dalam ajang buka puasa bersama.

Tapi bagaimana kalau kamu sudah bosan dengan gaya selama ini dan ingin tampil dengan wajah baru nan segar? Kalau begitu, kamu mesti mengubah gaya rambutmu. Jika selama ini kamu berambut panjang, memotong rambut menjadi pendek bisa juga dimanfaatkan sebagai pengalih perhatian agar keluarga besar tidak fokus pada pertanyaan-pertanyaan yang malas kamu jawab. Seperti, "Siapa pacarnya sekarang?" atau "Kapan menikah?"

Sebelum kamu benar-benar merealisasikan keinginan untuk memotong rambut, ada beberapa hal yang kamu mesti tahu tentang model rambut pendek. Yakni:

1. Rambut pendek lebih cepat kering

Berbeda dengan rambut panjang, memiliki rambut pendek akan memudahkan hidup kamu. Mengapa? Sebab bobot rambut pendek lebih ringan. Kamu juga tidak memerlukan banyak shampo dan air ketika tengah keramas. Bahkan tak butuh waktu lama untuk mengeringkannya, setelah kamu usai berkeramas. Hemat waktu dan juga hemat tenaga dan pengeluaran.

2. Tidak butuh lama waktu lama untuk membentuknya

Volume rambut pendek tentu lebih sedikit ketimbang rambut panjang. Tentu ini membuat proses penataan rambut atau styling juga lebih cepat dibanding rambut panjang. Jadi kamu tak perlu waktu lama berada di depan cermin.

3. Rambut pendek perlu dipotong lebih sering

Jika ingin memiliki model rambut pendek dalam waktu yang lama, kamu harus menjaga bentuknya agar tetap menarik. Caranya dengan rutin trim atau memotong ujung rambut ke salon sebelum bentuk yang diinginkan hilang.

4. Model rambut pendek butuh komitmen

Saat berambut panjang kamu tinggal menguncir atau mengepangnya ketika rambut tengah sulit diatur atau bad hair day. Tapi trik ini tidak bisa diterapkan di rambut pendek. Rambut pendek butuh ditata setiap pagi, dan pastikan kamu siap untuk komitmen ini. Bila tidak, siapkan saja topi untuk menutupi rambutmu yang tengah berantakan.

5. Rambut tak tumbuh cepat

Rata-rata rambut sehat tumbuh sekitar 1,2 sentimeter. Itu artinya, rambut pendek tidak bisa tumbuh lagi jadi panjang hanya dalam waktu semalam. Butuh waktu hingga setahun lebih agar bisa kembali tergerai melewati pundakmu.

Kini kamu sudah tahu tentang plus minus rambut pendek, siap melangkah ke tahap selanjutnya? Bila ya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memilih model rambut pendek wanita, di antaranya:

- Kalau bentuk wajahmu oval, model rambut pendek pasti cocok untukmu. Satu model yang bisa kamu coba adalah pixie cut, yakni model rambut pendek wanita terbaru dengan potongan shaggy pada semua bagian rambut, seperti aktris Halle Berry. Tapi bila bentuk wajah tidak lonjong, kamu perlu berkonsultasi dengan penata rambut profesional tentang gaya rambut pendek yang cocok denganmu.

- Tekstur rambut juga harus kamu pertimbangkan sebelum mengubah modelnya. Kalau rambutmu sangat lurus, pilih model rambut pendek yang tidak membuat rambutmu seperti helm. Kalau perlu, beli pula produk volumizer untuk lebih mengembangkan dan menambah tekstur rambut. Sementara untuk rambut keriting, sebaiknya jangan dipotong terlalu pendek. Cukup beberapa sentimeter di bawah dagu.

- Untuk model rambut pendek, bentuk tubuh juga berpengaruh. Kalau tubuhmu mungil, model rambut super pendek akan nampak keren. Tapi tidak akan tampak begitu keren jika tubuhnya besar.

- Jangan lupa pilih shampo yang sesuai tekstur rambut. CLEAR Strong & Soft akan membuat rambut pendek kamu terasa lebih lembut dan tidak kasar.

Kini saatnya memotong rambutmu menjadi pendek. Semoga sukses memilih!

TOP