Sukseskan Selfie Keren Selama Liburan Tanpa Rambut Berminyak

Liburan sudah di pelupuk mata. Berbagai persiapan pun dilakukan dengan matang. Pastinya kamu sudah bisa membayangkan keseruan selama liburan. Mulai dari mengunjungi destinasi impian, mencicipi kuliner khas daerah setempat, hingga bersantai sambil menekuni hobi. Tidak lupa mengabadikannya dengan foto selfie.


Foto selfie yang keren pastinya menuai pujian dan kenangan indah. Lalu bagaimana caranya bisa foto selfie keren? Yang utama, pastikan kamu sedang tidak bad hair day, seperti rambut berminyak dan lepek. Pemandangan indah tentunya harus didukung dengan penampilan serta ekspresi kamu yang oke di foto. Beberapa langkah sederhana di bawah ini bisa menjauhkan kamu dari kondisi rambut berminyak dan lepek selama liburan.


Lindungi Rambut dari Sinar Matahari


Jika aktivitas kamu selama liburan lebih banyak outdoor, sebaiknya gunakan pelindung kepala. Terlalu lama terpapar sinar UV, kelenjar minyak di kulit kepala akan berproduksi lebih banyak dari biasanya. Hasilnya rambut kamu akan cepat lepek.


Kamu bisa menggunakan sun hat yang lebar untuk melindungi kulit kepala. Bukan hanya melindungi, tampilanmu pun akan semakin cantik di foto. Pastikan rambut dalam kondisi kering saat memakai topi ya.


Tidak Mengikat Rambut Saat Basah


Bukan tidak mungkin mobilitas tinggi membuatmu gerah dan ingin mengikat rambut. Boleh saja kamu mengikat rambut agar terasa nyaman, namun pastikan rambut sudah kering saat diikat. Mengikat rambut saat masih basah akan membuat minyak dari kulit kepala menggumpal dan akhirnya menempel di rambut.


Alih-alih mengikat rambut, kamu bisa mengandalkan penjepit rambut atau bobby pins untuk menjepit poni, atau menjaga rambut tetap rapi. Dengan sedikit bobby pins, beberapa model rambut bisa kamu ciptakan. Terbayang kan foto selfie dengan beragam model rambut yang indah dan sehat?


Gunakan Conditioner di Ujung Rambut


Conditioner tetap dibutuhkan rambut ketika liburan. Kali ini, oleskan conditioner secukupnya di ujung rambut setelah kamu berkeramas dengan shampoo untuk rambut berminyak. Selain berfungsi mencegah rambut rapuh, penggunaan conditioner secukupnya juga bisa menjaga rambut tetap berkilau.


Keringkan Rambut secara Alami Setelah Keramas


Setelah berkeramas dengan shampoo untuk rambut berminyak, segera keringkan rambut kamu. Menunda pengeringan rambut hanya akan membuat rambut cepat lepek. Pastinya Big NO untuk memulai liburan dengan rambut lepek.


Karena itu, tepuk-tepuk lembut rambut basahmu dengan handuk kering. Kamu juga bisa mengeringkan rambut dengan mengipasinya secara perlahan. Manfaatkan angin sepoi-sepoi di tempat liburan untuk pengeringan rambut yang natural.


Keramas Rutin Sesuai Kebutuhan


Segera keramas ketika rambutmu penuh keringat atau kotoran. Jangan sampai kotoran terus menempel di rambut. Kotoran yang menumpuk hanya akan merangsang minyak di kulit kepala berproduksi berlebihan. Tapi jangan pula terlalu sering keramas, karena itu dapat menghilangkan minyak alami di kulit kepala. Bila itu terjadi, kulit kepala malah akan terpicu memproduksi minyak dalam jumlah lebih besar. Hingga rambutmu menjadi lepek.


Idealnya keramas dua hari sekali menggunakan shampoo untuk rambut berminyak. Saat keramas, kamu sebaiknya menggunakan air suhu ruangan. Sebab air hangat hanya akan membuat rambut semakin berminyak dan lepek.


Pemilihan Shampo yang Cocok


Berbagai antisipasi sudah dilakukan, namun kalau shamponya tidak cocok, tentu hanya akan membuat rambut semakin berminyak. Itu sebabnya kamu harus menggunakan shampo sesuai kebutuhan. Misalnya shampoo untuk rambut berminyak dan lepek atau shampoo untuk rambut berminyak dan rontok.


CLEAR ICE COOL MENTHOL menjadi alternatif shampo yang bisa kamu aplikasikan selama liburan, terutama untuk menghalau datangnyaketombe. Ketika kulit kepala serta rambut terasa dingin dan segar sepanjang hari, kamu pun bisa bebas berekspresi saat foto selfie, tanpa perlu khawatir adanya serpihan putih di pundakmu.

TOP