Rambutmu Kering dan Kusam? Cek 6 Penyebab Ini

Bagi kebanyakan wanita, memiliki rambut panjang, mudah diatur, dan mengilap saat terkena cahaya adalah dambaan. Mungkin begitu juga bagimu. Tapi kenyataannya rambut panjangmu terurai kering dan kusam. Mengapa begitu? Bisa jadi rambutmu kering karena salah perawatan. Artikel ini akan membahas enam hal yang menyebabkan rambut kering.

1. Cuaca

Seorang penata rambut kenamaan Amerika Serikat, Richard Marin mengatakan, rambut kering bukanlah jenis rambut, tetapi kondisi rambut itu. Karena itu, rambut kering bisa kamu atasi.


Salah satu penyebab enyebab keringnya rambut adalah faktor cuaca. Saat cuaca panas, kulit rambut kekurangan cairan untuk menjaga agar rambut tetap segar. Sementara ketika udara dingin, rambut harus beradaptasi dengan cuaca di luar ruangan yang dingin dan suhu ruangan yang cenderung panas, sehingga rambut akan mengering. Untuk menjaga kelembapan rambut, kamu bisa berkeramas secara rutin menggunakan shampoo untuk rambut kering.


2. Penggunaan pelembut rambut yang berlebihan


Kamu suka ke salon untuk melakukan pelurusan rambut menggunakan smoothing? Bila iya, sebaiknya jangan terlalu sering. Menurut pemilik salon perawatan rambut Blow Me, Sylvia Vaught, smoothing atau pelembut rambut bisa membuat rambutmu kekurangan cairan. "Penumpukan protein dari produk pelembut rambut membuat rambut menjadi rapuh," kata Vaught. Untuk menghindarinya, kamu perlu menggunakan shampoo untuk rambut kering agar nutrisi rambut tetap terjaga.


3. Perubahan Hormon


Perubahan hormon pada wanita bisa terjadi karena berbagai hal. Mulai dari kehamilan, menopause, atau mengonsumsi pil KB. Perubahan hormon itulah yang menyebabkan rambut kering dan rontok. Jika itu yang terjadi, Vaught menyarankan kamu pergi ke dokter atau secara rutin berkeramas dengan shampoo untuk rambut kering dan rontok.


4. Menggunakan shampo yang salah


Banyaknya jenis shampo di pasaran tentu ditujukan untuk berbagai jenis rambut. Karena itu, sebaiknya kamu memilih shampo yang sesuai dengan jenis rambutmu. Jika selama ini kamu memakai shampo untuk rambut kering dan mengembang, namun persediaan di rumah tengah habis, sebaiknya jangan coba-coba memakai shampo milik orang tua atau adik yang berbeda jenis rambutnya. "Lebih baik membasuh rambutmu cukup dengan air, ketimbang menggunakan shampo yang tidak cocok dengan jenis rambutmu," kata Vaught.


5. Menyisir Rambut saat Basah


Apakah kamu suka menyisir saat rambut masih dalam kondisi basah? Kalau jawabannya iya, sebaiknya hal itu kamu hindari. Sebab rambut mudah pecah jika kamu menyisirnya kala basah, dan itu akan membuat ujung rambut mudah bercabang, bahkan bisa menyebabkan rambut rontok.


6. Penggunaan pengering rambut setiap hari


Pengering rambut atau hairdryer memang dapat membantumu mempercepat proses pengeringan rambut usai berkeramas. Untuk mengeringkan rambut, hairdryer akan memancarkan suhu panas. Bila saja kamu menggunakannya setiap hari, bisa jadi rambut akan kehilangan kelembapannya dan berubah menjadi kering.


Agar rambutmu tetap terjaga kelembapannya, sebaiknya mencuci rambut secara rutin 2-3 hari sekali menggunakan shampoo untuk rambut kering. Seperti berkeramas dengan Clear Complete Soft Care yang mengandung nutrisi creambath dan perpaduan vitamin serta mineral. Bisa diaplikasikan pada semua jenis rambut dan kulit kepala, shampo Clear Complete Soft Care bisa membantu kamu menghilangkan ketombe, jika saja digunakan secara teratur. Sehingga tanpa harus sering ke salon, kamu bisa tetap melindungi rambutmu dari kekeringan.

TOP