Shampo yang Bagus untuk Rambut Rontok, Kunci Tangkal Kebotakan Dini

Usia kamu belum menginjak 30 tahun tapi rambut sudah menipis? Alih-alih bisa bergaya dengan beragam model rambut, kamu justru terpaksa selalu memilih rambut cepak dan pendek. Atau malah menyembunyikannya di balik topi.


Sesungguhnya, ancaman kebotakan dini bisa kamu tangkal. Apalagi masalah kerontokan rambut tak semata-mata disebabkan faktor keturunan. Bisa jadi itu diakibatkan oleh gaya hidup kamu yang tak sehat. Untuk mengatasinya, berikut beberapa tips dari CLEAR:

 

Konsumsi Makanan Sehat


Rambut membutuhkan keratin agar tetap sehat dan kuat. Selain menjaga keratin rambut dengan menggunakan shampo yang bagus untuk rambut rontok, perlu juga mengonsumsi makanan kaya protein seperti ayam, telur, ikan dan tahu. Panganan ini mampu mendorong pertumbuhan keratin. Sebaliknya, sebisa mungkin hindari makanan yang diolah dengan cara digoreng karena bisa menyebabkan produksi sebum berlebih. Perbanyak juga konsumsi buah dan sayuran yang kaya antioksidan seperti ceri, bluberi, tomat, dan labu, untuk mendorong pertumbuhan rambut


Perbanyak Air Putih dan Hindari Alkohol


Jangan tunggu sampai tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan baru minum. Dehidrasi berdampak buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk rambut. Minumlah air putih enam sampai delapan gelas sehari. Kurangilah meminum alkohol jika tak mau semakin banyak rambut berguguran.


Kurangi Merokok


Dalam sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Archives of Dermatology, disebutkan rokok dapat merusak suplai darah ke folikel rambut. Jika kamu mengalami kerontokan rambut, ada baiknya menghindari kegiatan ini.


Hindari Terlalu Lama Berada di Bawah Sinar Matahari


Keratin juga bisa berkurang karena terpapar sinar matahari. Karena itu, kamu perlu menghindari terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Bila memang terpaksa beraktivitas di luar ruangan, gunakanlah topi atau slayer untuk melindungi kepala.


Tidur yang Cukup


Mulai sekarang, berhentilah begadang. Cobalah untuk tidur tujuh sampai sembilan jam setiap malam. Kurang tidur bukan cuma mendorong kerontokan, tapi membuat rambut susah tumbuh kembali.


Jangan Stres


Psikiater dari Mayo Clinic Daniel K. Hall-Flavin, M.D mengatakan, rambut rontok bisa disebabkan oleh stres. Dalam kondisi seseorang stres berat, bisa terjadi sel darah putih menyerang folikel rambut sehingga rambut berhenti tumbuh dan akhirnya rontok. Olahraga, meditasi, yoga atau sekedar berbincang dengan teman bisa jadi alternatif untuk mengurangi ketegangan pikiran.


Lindungi Kepala dari Ketombe


Beraktivitas seharian apalagi di luar ruangan membuat rambut kotor dan lepek karena debu dan keringat. Jika dibiarkan, kesehatan kulit kepala jadi terganggu sehingga muncul ketombe dan rambut mudah rontok. Maka, rutinlah berkeramas menggunakan shampo yang bagus untuk rambut rontok dan berketombe. Ini penting, untuk mengusir ketombe dan membuat rambut kamu lebih sehat.


Mungkin kamu masih bingung memilih shampo yang paling bagus untuk rambut rontok. Apalagi saat ini banyak shampo yang bagus untuk rambut rontok, di pasaran. Biar tidak bingung, kamu bisa mencoba Shampo CLEAR Men Anti Hairfall bisa alternatif kamu untuk shampo yang bagus untuk rambut rontok.


Dengan mencuci rambut secara teratur, kulit kepala kamu akan sehat, rambut pun menjadi lebih kuat.


Selamat tinggal kebotakan dini!

TOP