5 Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya

Rambut berketombe, gatal-gatal dan rontok? Pasti sangat menyebalkan dan mengganggu aktifitas sehari-hari. Ketombe bisa disebabkan oleh banyak faktor. Bila ketombe tidak kunjung hilang, perlu diketahui penyebabnya agar tepat cara mengatasinya. Yuk, ketahui penyebab ketombe dan cara mengatasinya agar rambut sehat, indah dan bebas ketombe. 


1. Jamur Malassezia


Malassezia adalah jamur yang tumbuh di kulit kepala. Bila tidak terkontrol, jamur ini akan menyebabkan kulit kepala berminyak, sehingga kulit kepala jadi teriritasi dan menghasilkan sel-sel kulit mati berlebih yang menjadi ketombe. Itulah salah satu penyebab ketombe dan cara mengatasinya adalah dengan mencuci rambut dengan shampo anti ketombe yang tepat, yang membersihkan kulit kepala secara menyeluruh agar jamur malassezia tidak tumbuh dan menyebabkan ketombe.


2. Tidak Menyisir Rambut


Tidak menyisir rambut cukup sering juga ternyata dapat jadi salah satu penyebab ketombe. Saat menyisir rambut, secara tidak sadar Anda juga meluruhkan sel-sel kulit mati dari kulit kepala dengan sisir. Bila hal ini tidak dilakukan, sel-sel kulit mati akan menumpuk di kepala dan rambut dan menjadi ketombe.


3. Kulit Kepala Kering atau Terlalu Berminyak


KOndisi kulit kepala menjadi salah satu penyebab ketombe. Bila terlalu kering, kulit kepala akan terasa gatal-gatal dan serpihan kulit matinya menjadi ketombe. Sedangkan bila terlalu berminyak, akan menjadi tempat berkembang biak yang subur untuk jamur penyebab ketombe. Inilah penyebab ketombe dan cara mengatasinya adalah dengan menyeimbangkan kelembaban kulit kepala. Gunakan shampo anti ketombe yang tidak membuat kulit kepala kering tapi juga tidak berminyak yang berlebih agar ketombe tidak muncul lagi.


4. Stress


Stress juga ternyata dapat mempengaruhi kesehatan dan penampilan rambut. Bila sering mengalami stress atau tekanan sehari-hari, sangat rentan untuk memiliki ketombe di rambut dan kulit kepala. Stress menyebabkan perubahan hormon di dalam tubuh, yang tak jarang juga menyebabkan perubahan pada kondisi kulit kepala dan rambut. Sering-sering relaksasi agar tidak stress dengan kegiatan sehari-hari sehingga ketombe tidak muncul dan merusak penampilan.


5. Shampo yang Tidak Cocok


Penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok dengan kondisi kulit kepala dan rambut ternyata juga bisa menjadi penyebab ketombe. Bahkan, salah memilih shampo bisa membuat ketombe lebih parah lagi dan sulit diatasi. Itulah salah satu penyebab ketombe dan cara mengatasinya adalah dengan mengetahui shampo apa yang tepat untuk mengatasi ketombe sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala. Seperti CLEAR Men Ice Cool Menthol, shampo dengan sensasi rasa dingin menyegarkan dengan cooling menthol. CLEAR Men Ice Cool Menthol diformulasikan khusus untuk pria dengan Bio Nutrium 10, perpaduan nutrisi, vitamin & ekstrak tumbuh-tumbuhan untuk perlindungan terus menerus terhadap ketombe. Dengan cooling menthol memberikan sensasi dingin maksimal, menyegarkan kulit kepala dan rambut.

TOP