Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal

Gatal-gatal pada kulit kepala sudah pasti membuat kegiatan sehari-hari menjadi tidak nyaman. Kepercayaan diri untuk tampil di depan umum pun jadi sangat berkurang, sehingga perlu segera diatasi. Untuk mengatasi kulit kepala gatal, perlu tahu dulu apa penyebabnya.


Biasanya, kulit kepala gatal karena adanya ketombe di rambut dan kulit kepala. Ketombe disebabkan oleh jamur Malasezzia, yang membuat kulit kepala terkelupas dan serpihannnya menumpuk dan menempel di kulit kepala dan rambut. Adanya jamur ini juga membuat kulit kepala jadi gatal-gatal sepanjang waktu.


Bila kulit kepala gatal-gatal karena ketombe, hindari menggaruknya secara berlebihan. Mengatasi kulit kepala gatal bukanlah dengan menggaruknya, karena bisa menyebabkan infeksi dan kerusakan di kulit. Selain itu, menggaruk kulit kepala juga membuat rambut menjadi rapuh dan mudah patah.


Selain ketombe, penyebab lain gatal-gatal pada kulit kepala bisa jadi efek dari lingkungan. Terlalu sering berada di bawah sinar matahari langsung bisa membuat kulit kepala berminyak, sedangkan berada di ruangan dingin ber-AC terus menerus bisa membuat kulit kepala kering. Keduanya menjadi salah satu penyebab jamur asal mula ketombe tumbuh subur, sehingga kepala menjadi gatal-gatal. Cara mengatasi kulit kepala gatal adalah dengan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Misalnya, dengan menggunakan topi atau pelindung kepala di cuaca panas dan pelembab rambut saat harus berada di ruangan yang dingin.


Penyebab lain dari kulit kepala gatal adalah penyakit yang menyerang kulit kepala. Contoh penyakit-penyakit yang menyerang kulit kepala dan membuatnya gatal-gatal adalah Dermaititis Seboroik dan Psioriasis. Dermaititis Seboroik adalah penyakit yang menjangkiti area tubuh yang berminyak, seperti kulit kepala dan wajah. Penyakit ini menyebabkan kulit mengering dan gatal-gatal, memerah serta menghasilkan serpihan ketombe.


Sedangkan Psoriasis, gejalanya hampir sama dengan Dermaititis Seboroik yaitu kulit kepala gatal-gatal dan berketombe. Namun Psoriasis menyebabkan sisik atau penebalan pada kulit kepala, bahkan melewati batas rambut. Cara mengatasi kulit kepala yang gatal akibat Psoriasis dan Dermaititis Seboroik adalah dengan melakukan perawatan rambut terus menerus, juga konsultas dengan dokter spesialis kulit untuk pengobatan lebih lanjut.


Sementara itu, hilangkan gatal-gatal di kulit kepala dengan menggunakan CLEAR Men Deep Cleanse dengan Karbon Aktif dan Mint. Kandungan aktifnya dapat membantu membersihkan dan mendinginkan permukaan kulit kepala.


CLEAR Shampoo memiliki rangkaian produk yang dapat meringankan kegatalan pada kulit kepala akibat ketombe serta memberikan rasa dingin dan segar. Untuk kasus gatal yang kronis atau parah, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter sebelum mencoba melakukan perawatan sendiri. 

TOP