Persebaya 1927 Gugat Tiga Pihak Sekaligus ke BAKI

Posted: 25-Mar-2013 16:27

Merasa tak diindahkan oleh PSSI dalam KLB PSSI, 17 Maret 2013 lalu, Komisaris Persebaya 1927, yang berkompetisi di Indonesian Premier League (IPL) Saleh Ismail Mukadar berencana melayangkan gugatan.

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak tiga pihak langsung dilaporkan kepada Badan Arbitrase Keolahragaan Indonesia (BAKI). Mereka yakni, PSSI, La Nyalla Mahmud Matalitti dan Persebaya Surabaya yang tampil di Divisi Utama versi PT Liga Indonesia (PT LI).

"Tercatat mulai hari ini, kami memberikan kuasa kepada dua pengacara untuk melakukan gugatan," ujar Saleh Ismail Mukadar.

Kemarahan yang lontarkannya, memang cukup beralasan. Dikatakannya, maraknya publikasi hasil KLB PSSI pada 17 Maret, sangat merisaukan pecinta berat Persebaya 1927.

Persebaya yang diperkuat Andik Vermansyah tersebut, dipastikan tidak masuk dalam konsep penyatuan liga (unifikasi) musim depan. Alhasil, perjuangan Persebaya di pentas IPL selama ini, tergolong sia-sia.

"Ironisnya, Persebaya 1927 dianggap bukan anggota PSSI dan ilegal. Justru yang diakui yakni Persebaya Kloningan yang dipimpin La Nyalla Mahmud Matalitti dan tampil di kompetisi Divisi Utama versi PT LI. Itukan sama saja memutar balikkan fakta," terangnya.

Kondisi tersebut, membuat Persebaya 1927 kehilangan hak merebutkan jatah empat tiket tim IPL yang akan tanding di kompetisi musim 2013-2014. Pasalnya, kompetisi yang diputar PT Liga Prima Indonesia Sportindo (PT LPIS) tersebut, hanya mendapatkan kuota 4 klub. Sedangkan ISL, diberi slot sebanyak 18. Sehingga, total jumlah peserta untuk musim 2013/2014, yakni mencapai 22 klub.

"Padahal, anggota resmi PSSI sesuai pengakuan FIFA dan AFC yakni Persebaya 1927. Karena itu, kami berpegangan pada tiga agenda utama FIFA dalam KLB PSSI, pada 17 Maret lalu. Sebab, unifikasi liga bukanlah pemotongan atau pemenggalan salah satu kompetisi. Apalagi, kami didirikan oleh 30 klub internal di Surabaya," tutupnya. (esa/dzi)

 
MOST LIKED
ARTIKEL LAINNYA