Intip Kaos Unik Dari Berbagai Daerah Di Sini!

Posted: 01-Apr-2013 09:23

CLEAR.CO.ID - Indonesia memang kaya akan budaya yang terdiri dari berbagai suku bangsa. Ini sebabnya mengapa setiap daerah selalu memiliki tradisi dan ciri khasnya sendiri. Nah! buat Teman CLEAR yang hobi traveling pasti sudah hafal beberapa ciri khas daerah di nusantara.

Tapi justru ciri khas ini yang diburu ketika banyak orang ketika berkunjung ke suatu daerah. Seperti mencari oleh-oleh khas daerah tersebut. Buah tangan ini biasanya juga identik dengan makanan khas.

Kini seiring dengan perkembangan zaman dan banyaknya ide-ide kreatif yang lahir dari anak muda bangsa, Kamu punya pilihan lain untuk memilih buah tangan, apalagi kalau bukan kaos. Ternyata ada beberapa daerah yang mempunyai produk kaos lokal loh. Desain kaosnya juga trendi bahkan terkesan unik dan lucu.

Teman CLEAR ingin tahu ya daerah mana saja yang punya produk lokal kaos ini? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Kaos Ojie-Canda Oblong

Ibu kota Jakarta selalu berhasil membius siapa saja dengan pesona kemegahannya. Gedung-gedung pencakar langit dengan berbagai fasilitas modern membuat pesona Jakarta tak pernah padam. Teman CLEAR juga setuju bukan kalau Kota Jakarta adalah kota metropolitan di Indonesia.

Tapi walaupun begitu, ternyata kebudayaan asli Jakarta sampai sekarang tetap dipertahankan loh. Contohnya kesenian tanjidor dan ondel-ondel. Bukan cuma itu makanan tradisional khas ibu kota juga masih bisa dijumpai seperti kerak telor, ketoprak, soto betawi dan sayur gambus pucung.

Nah! Sekarang Kamu enggak perlu bingung untuk membawa berbagai makanan tradisional itu sebagai buah tangan, karena ada yang lebih praktis. Tahu apa itu? Kaos Ojie Canda Oblong jawabannya. Kaos ini adalah kaos hasil karya asli anak Jakarta.

Desain kaos juga bermacam-macam tapi tetap menggambarkan kehidupan Jakarta. Keren enggak tuh. Harga kaos ini juga terjangkau, berkisar Rp 28.000 - Rp 54.000. Jadi kalau mampir ke Jakarta jangan lupa beli kaos Ojie Canda Oblong ya buat oleh-oleh.

2. Kaos C59

Siapa yang tak pernah dengar kaos dengan merek C59? Yup! Kaos C59 adalah salah satu merek terkenal produksi dalam negeri. Teman CLEAR tahu enggak sih kalau sebenarnya kaos ini adalah produksi mojang Bandung loh.

Mendapat julukan sebagai Paris Van Java, wajar dong kalau Bandung jadi pusat mode di Indonesia. Itulah sebabnya kenapa di Kota Kembang ini banyak bermunculan factory outlet yang menjual kaos dengan desain kreatif.

Tapi C59 enggak kalah kreatif, sebagai salah satu merek ternama dalam negeri C59 selalu menghasilkan desain-desain yang inovatif. Jadi kalau main-main ke Bandung, jangan lupa membeli kaos C59 ya buat oleh-oleh. Kaos yang sudah diproduksi sejak tahun 1980 ini tersedia dengan berbagai macam harga tergantung desain yang dipilih.

3. Kaos Cak Cuk

Teman CLEAR yang mengaku Bonek pasti sudah tak asing lagi dengan merek yang satu ini. Kaos Cak Cuk kedengarannya agak kasar tapi juga unik ini adalah asli hasil karya arek-arek Suroboyo.

Kaos Cak Cuk sendiri mulai diperkenalkan tepat pada Hari Pahlawan tanggal 10 November 2005. Desain dan olahan kata-kata dalam kaos ini bisa dibilang nakal tapi juga lucu. Bingung kan? Tapi itulah ciri khas dari produk Kaos Cak Cuk.

Desain kaos ini menggambarkan Kota Surabaya sebagai kota pahlawan,Kota Bonek dan beberapa ciri khas Surabaya lainnya. Jadi kalau berlibur ke Kota Pahlawan ini jangan lupa mampir ke Kaos Cak Cuk, lumayan kan bisa menjadi alternatif baru untuk membeli oleh-oleh.

4. Soak Ngalam

Banyak yang mengenal Kota Malang sebagai Kota Apel, sehingga oleh-oleh khas Kota Malang selalu identik dengan hal-hal yang berbau apel. Keripik apel dan dodol apel adalah pilihan buah tangan yang paling banyak dibeli para traveler yang berkunjung di Kota Malang.

Ternyata ada pilihan oleh-oleh lain yang bisa menjadi alternatif buah tangan Teman CLEAR ketika berkunjung ke Kota Malang. Soak Ngalam atau kalau di balik berarti Kaos Malang inilah yang menjadi alternatif unik sebagai pilihan untuk membeli buah tangan. Harganya juga relatif terjangkau buat kantong anak muda.

Desain Soak Ngalam ini beda sekali loh dengan desain kaos dari daerah-daerah yang lain. Karena desain Soak Ngalam menggunakan akan bahasa walikan yang hanya dimiliki oleh arek Malang saja. Kreatif bukan hasil karya kera-kera Ngalam (arek-arek Malang). Jadi kalau Mampir ke Malang jangan lupa mampir ke store Soak Ngalam ya.

5. Kaos Joger

Teman CLEAR pasti sudah pernah dong berlibur ke Pulau Dewata ini. Yuppy! Bali adalah salah satu icon wisata Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara. Sebagian besar turis ketika berwisata di Bali mengunjungi pantai dan pusat-pusat perbelanjaan yang menjual beraneka ragam buah tangan khas Bali.

Kalau bosan memilih aksesoris dan kerajinan tangan sebagai oleh-oleh, Kamu enggak perlu khawatir. Kaos Joger dapat menjadi pilihan alternatif kok. Kaos Joger sendiri sebenarnya sudah cukup terkenal di kalangan para wisatawan.

Kaos Joger dianggap mempunyai keunikan tersendiri yaitu dengan tulisan-tulisan kreatifnya yang berisi plesetan merek terkenal serta sindiran halus terhadap beragam fenomena sosial.

So, buat Kamu yang berencana melancong ke Bali jangan sampai terlewat untuk mengintip outlet Kaos Joger ya.

6. Kaos Ole Olang

Madura, Kota yang satu ini sangat terkenal dengan makanan khasnya Sate Madura. Tapi kalau sekarang lebih banyak yang yang mengenal Madura dengan Jembatan Suramadu.

Kota Madura ternyata tak cuma punya batik Madura saja Teman CLEAR. Kota yang juga terkenal dengan kesenian karapan sapi ini punya kaos produk lokal yang tak kalah kreatif dengan kaos-kaos dari daerah lain, apalagi kalau bukan Kaos Ole Olang.

Desain Kaos Ole Olang ini juga menunjukkan budaya asal Madura. Wah, seru dan lucu kali ya bisa belajar budaya hanya dengan lewat desain kaos. Kaos Ole Olang bisa jadi alternatif kan sebagai buah tangan asal Kota Madura.

7. Kaos Dagadu Djokdja

Dagadu Djokdja adalah salah satu merek kaos lokal yang berhasil menembus pasar nasional. Dagadu sendiri lahir di Kota Budaya, Yogyakarta. Teman CLEAR tahu enggak sih kalau sebenarnya nama dagadu itu diambil dari bahasa umpatan asal Yogya yang mempunyai arti matamu.

Seiring berkembangnya waktu Dgadu Jogja kini sudah menjadi salah satu icon pilihan cinderamata asal Yogyakarta. Dagadu Djokdja mengangkat berbagai topik yang berhubungan dengan Yogyakarta, baik bahasa, kultur budaya dan berbagai peristiwa sehari-hari.

Dagadu Djokdja ini sangat cocok sekali sebagai alternatif untuk memberikan buah tangan yang simple tapi tetap punya makna.

8. Saos

Kalau Yogyakarta punya Dagadu, sekarang Solo punya SAOS. Apa itu SAOS? SAOS sendiri merupakan singkatan dari kata Kaos Rasa Solo. Seperti halnya kaos produksi daerah lainnya, SAOS ini juga menampilkan desain yang berisi tentang budaya Solo dan beragam hal yang menyangkut Kota Solo.

Jadi buat Kamu yang berkunjung ke Kota Solo dan bingung mencari buah tangan. Mampir saja ke store SAOS, di sana Teman CLEAR akan disuguhkan banyak pilihan desain unik tentang Kota Solo.

9. Kaos Nyenyes

Kaos Nyenyes dapat dijadikan sebagai buah tangan alternatif Teman CLEAR ketika berkunjung ke Kota Palembang. Kota yang terkenal dengan makanan khasnya empek-empek ini ternyata juga punya kaos produk lokal yang unik, lucu dan kreatif.

Desain Kaos Nyenyes sendiri tergolong simple namun tetap tak menghilangkan taste Palembang bagi siapa pun yang memakainya. Nyanyes sendiri merupakan bahasa daerah Palembang yang berarti cerewet.

Nama yang unik bukan. Sembari menikmati lezatnya rasa empek-empek asli Palembangjuga bisa hunting Kaos Nyenyes ini ya sebagai buah tangan. (kpl/kis)

 
MOST LIKED
ARTIKEL LAINNYA